ZONA WEST SUMATRA : SELAMAT ULANG TAHUN KOTA PADANG KE 343 TAHUN





Hari ini (7 Agustus 2012), Kota Padang genap berusia 343 tahun. Di usia hampir tiga setengah abad ini, sudah banyak kemajuan dicapai, dan tentu masih banyak juga ”pekerjaan rumah” yang belum terselesaikan. Musibah gempa 7,9 SR September 2009, turut mempengaruhi kemajuan dan kemunduran pembangunan tersebut. Namun demikian, perlahan tapi pasti, Padang kini sudah ”membangun”, memperbaiki wajahnya yang hancur pascagempa.

Dapat kita lihat saat ini, sejumlah hotel yang hancur, kini sudah mulai berdiri. Malah tumbuh lebih banyak lagi. Hal yang sama juga dapat kita lihat, mulai dibangunnya sejumlah restoran, kafe, rumah makan, ruko, kantor bank, sekolah, showroom mobil, dan lain-lain. Pendek kata, dari segi infrastruktur, wajah Padang kini sudah sama seperti wajah sebelumnya, malahan lebih cantik. Seiring dengan itu, perputaran ekonomi di Kota Padang, kini mulai menggeliat.

Pasar Raya sebagai pusat perekonomian Kota Padang, kini pun telah mulai dibenahi.Mahyeldi dalam hal ini menyayangkan sejumlah oknum yang memanfaatkan kesempatan dalam kisruh Pasar Raya saat ini. ”Penelusuran saya di Pasar Raya, mayoritas pedagang setuju pembangunan baru Pasar Inpres ini. Pasar Inpres I sebenarnya, sudah bisa siap tahun 2010. Yang rugi sebenarnya seluruh warga kota, khususnya pedagang,” ungkap Mahyeldi.

Soal terminal angkot, kata Fauzi, Pasar Inpres dan Sentra Pasar Raya (SPR) jawabannya. Di lantai I Pasar Inpres I nantinya, akan dibangun terminal angkot, begitupula halnya di SPR. Terminal angkot nantinya juga akan dibangun di kompleks IWAPI, samping SPR.


Zona Batang Arau ke Kelenteng dikembangkan menjadi zona kuliner dan factory outlet. Sementara zona Kelenteng-Dobi akan dilestarikan. Kelima, pemulihan sarana pendidikan dan kesehatan. Keenam, pemulihan rumah warga. Ketujuh, pemulihan mental masyarakat. Hingga saat ini, Pemko tetap melakukan mitigasi bencana, baik simulasi dan persiapan sarana mitigasi bencana. Terakhir, perubahan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) dan rencana tata ruang wilayah (RTRW).


Tahun ini, Pemko menargetkan pertumbuhan ekonomi (PE) di kisaran 6-6,11 persen. Angka ini melebihi pencapaian pertumbuhan ekonomi tahun lalu, 5.8 persen. Ketua DPRD Padang, Zulherman pun optimis dengan angka tersebut. ”PE yang tinggi nantinya akan berpengaruh terhadap paradigma dan mindset investor agar mau menanamkan modalnya di Kota Padang,” 

referensi : padang ekspres



Responses

0 Respones to "ZONA WEST SUMATRA : SELAMAT ULANG TAHUN KOTA PADANG KE 343 TAHUN"

Post a Comment

 
Return to top of page Copyright © 2010 | Platinum Theme Converted into Blogger Template by HackTutors