ZONA WEST SUMATRA : Antisipasi Kemacetan, Alat Berat Disiapkan




Satlantas Polresta Padang menyiapkan dua mobil derek di titik rawan bencana dan kecelakaan selama arus mudik dan balik. Ini guna mengantisipasi terham­bat­nya kelancaran arus lalu lintas, jika terjadi bencana atau kecelakaan.

“Ada dua mobil derek disiapkan. Selain itu, Pos Lantas di Sitinjaulaut akan diaktifkan kembali,” kata Kasat Lantas Polresta Padang Kompol Andiyatna, kepada Padang Ekspres, kemarin.

Jalan Padang-Solok memiliki medan yang cukup membahayakan. Selain ancaman long­sor, juga terjal sehingga rawan kecelakaan.
Ditambah, kondisi jalan yang belum normal tentu tidak tertutup kemungkinan akan men­jadi pemicu kecelakaan.

Karena itu, ka­wasan Sitin­jaulaut menjadi atensi penga­wa­san pihak ke­po­lisian pada saat mudik Le­baran.

Meski kondisi pem­ba­ngun­an jalan lintas Padang-So­lok ini belum selesai, namun akan tetap dibuka dua jalur pada saat H -7 dan H+7. Selain itu, untuk truk mulai pada H-7 ti­dak akan diperbolehkan me­lin­tas kawasan ini.

Kasat Lantas mengimbau pengendara agar selalu ber­hati-hati pada saat mengemudi ken­da­raannya. “Pastikan se­mua sa­fety berfungsi dengan baik se­hing­ga tidak meluncur ke ju­rang,” ujarnya.

Apel Siaga

Secara terpisah, Kabag Ops Polresta Padang Kompol M Yudi mengungkapkan Diren­ca­nakan hari ini Polda Sumbar bersama Polresta Padang dan seluruh pihak terkait yang terlibat dalam pengamanan arus mudik dan arus balik akan melaksanakan apel siaga di La­pangan Imam Bonjol Padang. 

“Ada beberapa daerah ra­w­an bencana yang menjadi perhatian Polresta Padang saat Lebaran nanti. Di antaranya, Jalan Raya Padang-Solok, Padang-Painan, Bukiklantiak, Bukit Gado-Gado, Sungai Bre­mas, dan Bukit Putus,” ungkap Yudi.

Daerah yang disebutkan di atas rawan longsor, karena daerahnya terdiri dari tebing yang labil, kemudian ada bebe­rapa bukit yang gundul, se­men­tara di sisi tebing ada jalan raya.

Untuk mengantisipasi dae­rah rawan bencana tersebut, menurut Yudi, Polresta Pa­dang akan berkoordinasi de­ngan pihak terkait, seperti Dinas Pekerjaan Umum untuk mensiagakan alat berat di daerah yang rawan longsor.

“Kemudian, kita juga akan berkoordinasi dengan Basar­nas dan BPBD apabila bencana terjadi. Untuk meminimalisir kemungkinan buruk, kita im­bau kepada pengguna jalan agar tidak melewati jalan yang rawan longsor apabila hujan lebat terjadi lebih dari dua jam,” paparnya.




Responses

0 Respones to "ZONA WEST SUMATRA : Antisipasi Kemacetan, Alat Berat Disiapkan"

Post a Comment

 
Return to top of page Copyright © 2010 | Platinum Theme Converted into Blogger Template by HackTutors